Teknologi Informasi: Jaringan Telekomunikasi

by - November 24, 2015


Yaaap, selamat datang kembali ke blog saya gan. Kali ini saya akan membahas sebuah Sistem Teknologi Informasi Jaringan Telekomunikasi. Okee, semoga bisa bermanfaat buat kalian yang membacanya, cekidoot ~ .


Pengertian Telekomunikasi

Sebelum masuk lebih dalam tentang jaringan telekomunikasi, ada baiknya kita mengetahui pengertian jaringan telekomunikasinya terlebih dahulu. Jaringan telekomunikasi adalah pertukaran informasi didalam bentuk apapun (suara, data, teks, gambar, audio, video) melalui jaringan berbasis komputer.


Trend Telekomunikasi

Pada dasarnya, pada telekomunikasi memiliki bidang trend nya tersendiri yakni seperti:
  1. Tren Industri : Ke arah pemasok, pembawa, aliansi dan jasa jaringan yang lebih kompetitif, dipercepat oleh deregulasi dan pertumbuhan internet dan World Wide Web.
  2. Tren Teknologi : Ke arah penggunaan yang lebih intensif dari Internet, optik-serat digital, dan teknologi nirkabel untuk menciptakan kerja internet lokal dan global yang berkecepatan tinggi untuk suara, data, gambar, audio, dan video.
  3. Tren Aplikasi : Ke arah penyebaran penggunaan Internet, intranet perusahaan, dan ekstranet antar perusahaan untuk mendukung perdagangan dan bisnis secara elektronik, kerja sama perusahaan, dan keuntungan strategis di pasar lokal dan global.

Nilai Bisnis Jaringan Telekomunikasi

Ada beberapa hal yang memiliki nilai bisnis jaringan Telekom. yakni:

1. Mengurangi Biaya
2. Mendukung e-commerce
3. Mempersingkat waktu dan Pemrosesan bisnis
4. Memperbaiki kerjasama kelompok kerja
5. Mengembangkan proses operasional on-line
6. Mengunci pelanggan dan pemasok
7. Berbagi sumber daya
8. Mengembangkan jasa dan produk baru  


Macam-Macam Jaringan

Jaringan Lokal
  • Local Area Network (LAN)
Suatu network yang terbatas dalam jarak atau area setempat (lokal).
  • Private Branch Exchange (PBX)
Suatu jaringan telepon yang dikendalikan oleh komputer untuk menangani arus telepon yang masuk dan mengarahkannya ke alat-alat yang dituju.
PBX dapat menyimpan, mentransfer, memutar nomor telepon dan mengarahkan arus data ke komputer-komputer dan alat-alat kantor yang ada di perusahaan.
 
Jaringan Luas
  • Wide Area Network (WAN)
Merupakan jaringan komputer yang melibatkan beberapa node yang terpisah jauh yang dihubungkan dengan link. Link yang merupakan jalur komunikasi yang banyak dipakai oleh LAN umumnya adalah jalur telepon khusus seperti misalnya leased line. Jalur khusus ini biasanya dapat disewa dari perusahaan telepon.
  • Value Added Network (VAN)
Merupakan jaringan komputer yang dibuat oleh perusahaan jasa jaringan komersial dan menjualnya ke pelanggan-pelanggan yang memanfaatkan jasa jaringan ini.
Contoh VAN di Indonesia adalah Electronic Data Interchange (EDI) yang diselenggarakan oleh PT. EDI Indonesia. 
 


Intranet

Peran Intranet

Intranet merupakan jaringan di dalam organisasi yang menggunakan teknologi Internet (Seperti server dan browser Web, protokol jaringan TCP/IP, database dan publikasi dokumen hipermedia HTML, dll) untuk menyediakan lingkungan mirip dengan internet di dalam perusahaan untuk memungkinkan untuk saling berbagi informasi, komunikasi, kerja sama, dan dukungan bagi proses bisnis.

Nilai Bisnis pada Intranet 
  • Mendukung komunikasi dan kolaborasi.
  • Menyediakan publikasi Web.
  • Mendukung manajemen dan operasional bisnis. 

Ekstranet

Peran Ekstranet 

Esktranet adalah hubungan jaringan yang menggunakan teknologi internet untuk saling menghubungkan intranet suatu bisnis dengan intranet pelanggannya, pemasok, dan mitra bisnis lainnya.

Nilai Bisnis pada Ekstranet
  • Teknologi browser web ekstranet membuat pelanggan dan pemasok mengakses sumber daya Intranet dengan lebih mudahh dan lebih cepat daripada metode bisnis yang lama.
  • Ekstranet memungkinkan perusahaan untuk menawarkan layanan Web baru yang interaktif bagi mitra bisnis mereka. 

Internet

Internet merupakan seluruh dari jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan standar sistem global TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani seluruh pengguna di seluruh dunia.
 

Keuntungan Internet 

Internet memang sangat penting bagi kehidupan kita semua . Jika kita dapat menggunakannya dengan baik, banyak sekali keuntungan yang didatangkan dari internet. Maka dari itu, saya akan menjelaskan gambaran umum dari segi apa saja keuntungan dari internet itu sendiri.
  • Segi Bisnis

1. Sebagai wadah untuk mendapatkan Keuntungan

Dapat sebagai wadah untuk mendapatkan keuntungan berupa uang, hal ini sangat bermanfaat jika memanfaatkan internet untuk segi bisnis. Contohnya pada jual beli online yang marak ada di sekitar kita (Lazada, Traveloka, dll.)

2. Mengakses dan menyebarkan Informasi lebih Mudah

Mendapatkan informasi jadi lebih mudah, serta seperti penyebaran informasi melalui internet, dan ini sangat menguntungkan bagi bisnis. Kita dapat mengakses dan menyebarkan informasi ke pelosok sampai seluruh dunia, tentunya ini lebih menghemat waktu kita.

3. Memperluas Jaringan

Pada hal ini, memperluas jaringan merupakan hal yang begitu penting. Hal ini karena jika kita memperluas jaringan di perusahaan kita ke perusahaan lain , perusahaan lain akan mengetahui apa saja jalinan bisnis yang ada di perusahaan kita. Sehingga akan menjalin kerjasama antar perusahaan, dan itu tentunya menguntungkan untuk kita semua.
4. Sebagai ajang untuk mencari peluang Bisnis

Kenapa hal ini sangat menguntungkan, yah tentu jelas, dikarenakan hanya dengan Internet, kita dapat mengakses informasi baru untuk dijadikan ide inovatif untuk awal bisnis yang baru. Sehingga pelaku bisnis itu sendiri tentunya tidak perlu repot repot lagi bingung darimana dia harus memulai jika masih belum tau darimana harus memulainya.
  • Segi Pendidikan

1. Mendapatkan Pendidikan terbaru

Kita tidak akan tau kalau kita tidak sering membaca, pengetahuan kita tidak akan luas. Tapi dengan adanya internet, kita akan sering lebih tahu informasi terbaru, pengetahuan yang terbaru, dan tentunya kita akan selalu update dan tidak kudet hehehe.
2. Sebagai sarana untuk mencari beasiswa

Beasiswa sangat penting bagi mereka yang membutuhkan, karena beasiswa tidak hanya untuk bagi orang yang tidak mampu, kadang orang yang mampu sangat membutuhkan beasiswa. Dan untuk mencarinya , tidak hanya lewat informasi dari kampus atau sekolah saja, bisa juga melalui internet sehingga dapat bermanfaat.

3. Mencari Informasi

Dengan internet kita dapat mengetahui informasi tentang berbagai hal didunia. Seperti contoh kita dapat mengetahui tentang informasi tempat kuliah yang kita inginkan, kurikulum terbaru, dan masih banyak lagi.
4. Sebagai ajang untuk berkomunikasi dan jejaring sosial

Dengan jejaring sosial, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang ada didunia ini dan tentunya bisa dari jarak jauh. Ini bisa menjadi ajang sebagai pendidikan, karena kita bisa mengetahui entah itu kehidupan lingkungan orang yang tidak ada disekitar kita.
  • Segi Sosial dan Budaya

1. Sebagai ajang untuk Nostalgia dan Reunian

haha kenapa ini termasuk penting? karena dengan internet, kita bisa menemukan teman dari berbagai daerah , atau bahkan kita bisa menemukan teman lama kita yang sudah lama berpisah (Ceilahh), hahahaha.

2. Sebagai tempat berkumpul 

Internet bisa menjadi ajang untuk kita tempat berkumpul, seperti membuat grup dan join di chat sosmed, dan bisa chattingan.

3. Meningkatkan pengetahuan antar budaya daerah lain

Inilah internet, jikalau kita bingung atau bahkan tidak tau tentang budaya lain dan budaya luar, kita bisa mencari informasinya melalui internet, yaahh umumnya searching lewat mbah google. hehehe. 


Yaaahh itulah gambaran umum dari keuntungan internet yang ada di sekitar kita. Kita tentunya bisa dapat memanfaatkannya dengan baik dan tidak disalah gunakan, contohnya memanfaatkan internet di bidang kesehatan, kita bisa mencar informasi tentang apa saja yang tidak sehat untuk dimakan, dan masih banyak lagi. Banyak Informasi yang bisa kita rangkup, akses, di Internet.

Sekiann Posting bermanfaat dari saya, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya. See you in the next post. byeeee :)

You May Also Like

0 comments