Teknologi Informasi: Manajemen Database

by - October 28, 2015


Yappp, sehari yang lalu saya telah memposting artikel tentang Teknologi Informasi: Software Komputer. Hehehe semua tentang software komputer ada disitu mentemenn.. kalau belum dilihat, silakan klik linknya disini.

Nahh, sekarang saya akan berbagi informasi tentang manajemen database buat kalian kalian semua . Sebelum itu kita mesti mengetahui tentang hal-hal yang berhubungan dengan manajemen database. 

Hal yang berhubungan dengan manajemen database yaitu data. Data merupakan sumber daya organisasi yang vital dan perlu dikelola seperti asset penting lainnya. Data sangat penting untuk kita semua khususnya untuk organisasi, mereka tidak dapat hidup atau tidak akan sukses tanpa data internal dan eksternal yang berkualitas.

Berdasarkan Konsep dasar data, data memiliki tingkatan-tingkatannya. Data secara logis diorganisasi ke dalam jenjang character(isi)-Field(Kategori)-Record(list)-File-Database.

  1. Character : Merupakan data elementer yang dapat dipahami. Terdiri dari huruf, angka, atau simbol khusus. Character merupakan sekumpulan bit yang terdiri atas kombinasi 8 bit yang menyatakan karakter dalam memori. Terdapat 1 byte = 1 karakter.
  2. Field : Sekelompok karakter yang mewakili karakteristik dari orang, tempat, barang, atau kejadian. Contoh nama field dari mahasiswa.
  3. Record : Field data yang berhubungan dikelompokkan untuk membentuk record. Record adalah kumpulan dari field yang terkait yang menggambarkan suatu unit data individu tertentu.
  4. File : Sekelompok record yang menggambarkan suatu kesatuan data yang sejenis . Contoh file mahasiswa, file pegawai, file gaji, file mata kuliah, file nilai, dll.
  5. Database : Sekelompok / kumpulan dari record dan memiliki hubungan antar record itu tersebut.

Jenis-jenis File:
  1. File Induk (Master File) : Merupakan file terpenting yang harus ada selama hidup di suatu sistem. Digunakan untuk menyimpan data dari suatu sistem informasi tertentu dan dipelihara secara teratur.
  2. File Transaksi : File yang memiliki informasi untuk memperbaharui file induk dengan informasi yang baru. Sehingga mencatat atau merekam data hasil transaksi dalam satu periode.
  3. File Laporan : File yang berisi informasi yang akan ditampilkan. Biasa isi dari file ini diambil dari field di satu atau lebih file master (induk) untuk mempersiapkan pembuatan laporan.
  4. File Sejarah (History File) : File yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip.
  5. File Cadangan (Backup File) : Merupakan salinan dari file-2 yang masih aktif di dalam database pada suatu saat tertentu.

Database ialah kumpulan file yang terstruktur dan terintegrasi sedemikian rupa sehingga proses data dan pencarian data pada file dapat dilakukan dengan mudah. Database juga kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. 


Pendekatan Dalam Mengelola Data

  • File Oriented (Traditional) Approach 
Dalam pendekatan ini, sumber data dikumpulkan dalam file-file yang tidak berhubungan berhubungan satu sama lainnya. Tiap file dirancang untuk aplikasi tertentu. Pada file tradisional ini memiliki kelemahan tersendiri yaitu: 

1.) Duplikasi data (Data redundancy)

Misal file penjualan , File gaji, File personalia. 
Akibatnya : Memodifikasi data yang duplikatif harus dilakukan untuk berbagai file, sehingga kurang effisien. Pembesaran tempat penyimpanan. 

2.) Tidak terjadi hubungan data (Data Retability)

File penjualan tidak dapat berhubungan dengan file personalia -> Terjadi Duplikasi.
  • Database Approach
Sistem pemrosesan dengan pendekatan basis data. Memiliki kelebihan duplikasi data yang dapat dikurangi, hubungan data dapat ditingkatkan.


Jenis-Jenis Database
  1. Database Operasional : database ini menyimpan rincian data yang diperlukan untuk mendukung seluruh operasi perusahaan. Database ini bisa saja disebut sebagai SADB, atau subject area database, database transaksi, dan database produksi.
  2. Database Analitis : Database ini menyimpan data dan informasi sehingga dapat diperoleh dari operasi yang dipilih dan database eksternal. Database ini berisi ringkasan data dan informasi yang paling dibutuhkan oleh manajer perusahaan dan pengguna akhir lain. Sungguh sangat berguna database ini teman-teman hahaha, sayang sekali jika tidak memanfaatkannya. :D

Struktur Database
  1. Struktur Hirarkis : Model yang sesuai digunakan untuk one-to-many relationship, ibaratnya, anak hanya akan mempunyai satu orang tua.
  2. Struktur Jaringan : Model yang sesuai sesuai digunakan untuk many-to-many relationship, ibaratnya, anak akan mempunyai lebih dari satu orang tua.
  3. Struktur Relational : Model basis data yang paling baru, yang berusaha mengurangi kelemahan model dari database hirarki, dan database jaringan. Dalam model ini, semua elemen data dalam database dipandang dan disimpan dalam bentuk tabel-tabel sederhana.
  4. Struktur Multidimensi : Merupakan variasi dari struktur relasional yang menggunakan struktur multidimensional untuk mengatur data dan menyajikan hubungan antar datanya. Multidimensi ini dapat divisualisasikan sebagai kotak-kotak data dan kotak dalam kotak data. Setiap sisi kotak dianggap sebagai sebuah dimensi dari data.
  5. Struktur Berorientasi Pada Objek : Merupakan salah satu dari teknologi terpenting dari generasi aru aplikasi multimedia berbasis web. Model struktur berorientasi objek yang mendukung pewarisan, maksudnya objek-objek baru dapat secara otomatis dibuat dengan mereplikasi beberapa atau semua karakteristik dari suatu satu atau lebih objek asal (parent).

Metode Akses Data
  1. Akses Berangkai (Sequential Access) : Metode ini menggunakan metode berangkai, rekaman di dalamanya disimpan secara fisik dengan susunan yang diidentifikasikan menurut field kunci pada setiap rekaman.
  2. Akses Langsung (Direct Access) : Pada waktu menggunakan metode akses langsung, rekaman tidak harus disusun dalam suatu rangkaian tertentu pada media penyimpan.

Begitulah informasi tentang manajemen database, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya, Aamiinn. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Ok, see you in the next post. Bubyeee :) .

You May Also Like

0 comments