Tips Cara Mengatasi Telkomsel Atau Indosat Carrier Billing Tidak Muncul Di Playstore

by - October 19, 2015

Playstore merupakan aplikasi khusus guna untuk mendownload suatu aplikasi pada Android yang kalian inginkan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar sekalipun. Nah, pada aplikasi yang berbayar, kalian memang bisa membayarnya bisa menggunakan via Add Credit or Debit Card , Redeem, bahkan sekarang bagi kalian yang pengguna telkomsel, maupun indosat bisa melakukan pembayarannya via pulsa.

  

 
Nah, kadang bagi pengguna kartu tersebut , ada masalah pada playstore yang dimana tidak ada muncul enable telkomsel billing atau enable indosat billing yang notabene nya untuk melakukan pembayaran aplikasi berbayar via-pulsa. Jika terjadi seperti itu, jangan takut, khawatir, galau. Coba lakukan tips berikut ini untuk mengatasinya, dan terkadang masalah seperti ini Terjadi pada HP Android dual sim card seperti yang saya gunakan .


Setelah mencoba berbagai cara, memang beberapa kali kadang Telkomsel/Indosat Billing tidak muncul di My Account Google Play Store namun akhirnya saya menemukan beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, dan akan dibahas pada artikel ini. Cekidoott ~ .


Cara Mengatasi Telkomsel Billing Tidak Muncul Di Playstore

Ada beberapa cara untuk mengatasi Telkomsel billing yang tidak muncul di playstore, baik itu pengguna telkomsel maupun indosat. Pada intinya saat kalian akan melakukan aktivasi Telkomsel Billing Carrier terutama pada HP dual sim yang aktif sebagai kartu utama haruslah sim card Telkomsel atau Indosat, berikut detail-detailnya.

1.) Cara Pertama

Saat anda akan membuka playstore, pastikan anda telah memilih kartu sim yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran via pulsa. Disini saya akan membahas yang telkomsel. Maka telkomsel menjadi sim card kartu utama/aktif. Perhatikan gambar dibawah ini.


Seperti yang terlihat pada gambar diatas, sim card telkomsel berada pada slot1 tetapi dijadikan sebagai kartu utama , dan billing pun muncul. Pada gambar diataas merupakan payment sehabis saya membeli aplikasi dari Playstore, sebelumnya ada pembayaran dengan tulisan Enable telkomsel Billing pada gambar sebelumnya.

Jika sudah menggunakan cara tersebut tetapi masih saja belum muncul, solusinya bisa:

  1. Clear Cache aplikasi playstore di Android kalian, dengan membuka Setting di hp android kalian, Lalu Apps, pilih Tab ALL di settingan Apps, pada google play store dan google play service pilih clear cache. Atau bisa juga menggunakan CCleaner lalu lakukan restart/reboot HP Android kalian. Pastikan kartu Telkomsel jadi pilihan utama slot sim anda.
  2.  Jika masih belum bisa muncul di my account, coba lagi beberapa kali.

2.) Cara Kedua

Ini adalah cara yang paling ampuh, dan bisa selalu berhasil, dengan syarat anda harus memiliki paket data internet telkomsel . Langkah langkahnya yaitu:
 
  1. Jika anda melakukan dua operator sim card yang berbeda, maka cabut sim card selain telkomsel itu.
  2. Lalu, masukan kartu perdana telkomsel pada slot 1. Nyalakan kembali Android anda, jika belum dimatikan restart/reboot dulu hp Android anda.
Jadi , pada HP Android anda hanya menggunakan kartu operator yang akan kalian gunakan untuk menggunakan pembelian aplikasi atau pembayaran di playstore via pulsa.


Kesimpulan Cara mengatasi telkomsel/indosat Carrier Billing Tidak Muncul

1.) Coba clear cache lalu restart HP. Sebelum itu , pastikan kartu yang anda inginkan untuk melakukan pembayaran via pulsa dijadikan sebagai jaringan utama (seperti yang ada pada cara pertama). Jika belum, coba beberapa kali dan buka tutup playstore tersebut.

2.) Koneksi Internet pada sim tidak berpengaruh, karena saat saya menggunakan koneksi Internet pada indosat, billing telkomsel masih bisa muncul.

3.) Cara terakhir yahhh dengan menggunakan 1 slot sim card saja gan. Terserah anda ingin menggunakan telkomsel ataupun Indosat. hehehehe :) .


Cara mengatasi masalah Billing tidak muncul ini, digunakan khusus untuk HP yang memiliki dual sim card. Jika dua solusi cara mengatasi diatas belum bisa memunculkan pembayarannya, maka saya sarankan untuk menghubungi operator pada sim card yang anda inginkan, agar mendapatkan solusi yang pasti dari CS operator tersebut.

Nahh begitulah Tips dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Share artikel ini agar orang lain bisa mendapat ilmu bermanfaat tentang ini. Selamat mencoba, semoga masalah diatas bisa diatasi dengan baik, Aaaamiiinn :)  

You May Also Like

10 comments

  1. Replies
    1. 1. coba masuk akun google di web
      2. Cari dan arah kan ke tab "payment & subscriptions
      3. Klik "manage payment methods"
      4. Hapus/remove billing telkomsel Agan semuanya
      5. Tidak usah "add payment" di web, langsung balik ke Play Store
      6. Selanjutnya masuk payment dan add payment methode billing telkomsel di google play store

      Goodluck Gan

      Delete
    2. Klo tetep ga isa juga

      ane angkat tangan Gan. 😂

      Delete
  2. alhamdulillah sudah bisa, terimakasih atas saran-sarannya

    ReplyDelete
  3. tips untuk yang dual SIM, pakai satu kartu saja. pasti bisa

    ReplyDelete
  4. Yg belum bisa juga
    1. coba masuk akun google di web
    2. Cari dan arah kan ke tab "payment & subscriptions
    3. Klik "manage payment methods"
    4. Hapus/remove billing telkomsel Agan semuanya
    5. Tidak usah "add payment"di web, langsung balik ke Play Store
    6. Selanjutnya masuk payment dan bla bla bla. ..

    Mustinya bisa Gan

    ReplyDelete
  5. saya tetep gak bisa, gimana ya gan

    ReplyDelete