Pemahaman Tentang Sistem dan Informasi (Updated)

by - October 06, 2015





  TENTANG SISTEM DAN INFORMASI



Sistem Informasi managemen, geografis, rumah sakit, pasti anda sekalian sudah mengenalnya. Tapi untuk membuat mereka menjadi suatu informasi, diperlukan data data yang diolah dan diproses terlebih dahulu . Sehingga terdapat informasi output yang dibutuhkan. Mari kita gali lebih dalam tentang sistem dan informasi agar dapat menambah pengetahuan untuk anda sekalian.


APA ITU SISTEM ?

Sistem memiliki 2 arti tersendiri , yaitu pengertian sistem secara sederhana dan di bidang IT. Sistem secara sederhana memiliki arti dimana suatu kelompok elemen yang memiliki interaksi, koneksi, atau yang berhubungan secara langsung membentuk satu kesatuan yang diinginkan diinginkan. Sedangkan sistem di bidang IT merupakan kumpulan yang saling berinteraksi dan bekerja sama menuju pencapaian umum melalui penerimaan input dan memprosesnya menjadi output dalam proses transformasi yang terorganisir. Anda bisa lihat contoh komponen dasar input-proses-output sistem informasi pada gambar diatas.

Jadi, Sistem informasi itu terdapat input, proses, dan output. Saya akan menjelaskan lebih jelas apa yang dimaksud dengan input, proses, dan output :
  •   Input : Elemen-elemen yang diperoleh dan digunakan dimana elemen tersebut akan dimasukkan ke dalam sistem yang akan diproses.
  •   Proses : Proses transformasi dari input ke output.
  •  Output : Hasil dari pengolahan data yang diinputkan.
 Begitulah dasar dasar dari sistem . Selain adanya komponen dasar dalam sistem, terdapat juga komponen-komponen tambahan atau developer dari sistem itu sendiri, yakni :

 A. Feedback

komponen tambahan dari feedback penting untung diterapkan, karena feedback merupakan data tentang kinerja dari sebuah sistem itu sendiri. 

Contoh : Data tentang kinerja penjualan merupakan feedback untuk manajer penjualan.

B. Control

Komponen tambahan kontrol merupakan monitoring dan evaluasi dari feedback. Sehingga untuk menentukan apakah dari sistem itu bergerak menuju tercapainya sebuah tujuan. Komponen inilah yang paling penting dan wajib untuk ada. Karena dari komponen inilah sebagai acuan untuk Sistem Informasi yang baik.
KARAKTERISTIK LAIN PADA SISTEM:
  • Subsistem : Komponen sistem yang lebih besar dimana sistem yang lebih besar adalah lingkungannya.  
  • Boundary : Sistem yang dipisahkan dari lingkungannya dan sistem-sistem yang lain oleh sistem boundarynya. Contoh pada Star Uml.
  •  Interface : Beberapa sistem merupakan bagian dari lingkungan yang sama terhubung dengan sistem lainnya. Seperti yang ada pada alat penghubung sistem yang satu dengan yang lain (dokumen, hardware).

Komponen Sistem Informasi

Manusia, hardware, software, data, dan jaringan merupakan 5 unsur dasar sistem informasi. Terdapat user-program-procedure didalamnya, sehingga dapat di implementasi. Sedangkan apa itu implementasi? , kadang orang masih saja mensalah-artikan dari implementasi itu sendiri. Padahal implementasi merupakan arti dari rancangan ke software. Jadi rancangan ke software itu sudah disusun secara matang dan terperinci. 

Sumber daya data juga data yang ditransformasikan. Pada sistem informasi, Sumber daya juga ada didalamnya. Bisnis adalah sebuah sistem informasi. Sumber Daya sistem informasi terdapat : 
  • People Resources (Sumber Daya Manusia) :
    Manusia dibutuhkan untuk pengoperasian semua sistem informasi. Sumber daya manusia ini meliputi pemakai akhir dan pakar SI.
  • Hardware Resources (Sumber Daya Hardware) :
    Meliputi semua peralatan dan bahan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi. 
  • Software Resources (Sumber Daya Software) : Meliputi semua rangkaian perintah pemrosesan informasi.
  • Data Resources (Sumber Daya Data) : Sumber daya sistem informasi umumnya diatur, disimpan, dan diakses oleh berbagai teknologi pengolahan pengelolaan sumber daya data ke dalam database yang menyimpan data yang telah diproses dan diatur. Dasar pengetahuan yang menyimpan pengetahuan dalam berbagai bentuknya, seperti fakta, peraturan.
  • Network Resources (Sumber Daya Jaringan) : Menekankan bahwa teknologi informasi dan jaringan adalah komponen sumber daya dasar dari semua sistem informasi. Seperti Media Komunikasi dan dukungan jaringan. 


AKTIVITAS SISTEM INFORMASI
  1. Input dari Data Resources
  2. Pengolahan data menjadi informasi
  3. Output dari produk informasi
  4. Storage of data resources
  5. Control of system performance

Input dari Data Resources

Data tentang transaksi bisnis dan kejadian lainnya harus diperoleh dan disiapkan untuk diperiksa oleh aktivitas input dengan aktivitas data entry. 

Pengolahan data menjadi Informasi

Aktivitas ini merupakan aktivitas proses menadi informasi, seperti kalkulasi, pembandingan, sortil, dll. Pengolahan yang meliputi kegiatan.

Output dari produk informasi

Sasaran utama dari sistem informasi yang menghasilkan produk berupa penyampaian informasi oleh End User. Contohnya ialah pesan, laporan, formulir, gambar, audio, multimedia. Dari contoh tersebut dapat bernilai tergantung kualitas dari informasi tersebut. Penilaian kualitas tersebut dilihat dari Dimensi waktu, Dimensi Isi, Dimensi Bentuk. Berikut saya akan menjelaskan ketiga dimensi tersebut.

A. Dimensi Waktu
  • Timelines : Informasi harus tersedia disaat diperlukan.
  • Currency : Informasi yang harus di up to date apabila disediakan.
  • Frekuency : Informasi harus tersedia sesering diperlukan.
  • Time periods : Informasi dapat menyajikan data tentang waktu lalu, sekarang, dan yang akan datang (History waktu).
Dari dimensi diatas, dapat diberi contoh seperti pada aplikasi sistem informasi ramalan cuaca. Pada timelines, manusia memerlukan informasi ramalan cuaca. Pada Currency, sistem ramalan cuaca tersebut harus selalu di up to date jika disediakan untuk orang lain. Frekuency, Informasi ramalan cuaca harus selalu tersedia jika diperlukan. Time periods, terdapat data tentang ramalan cuaca yang sudah lama, sekarang, dan yang akan datang.

B. Dimensi Isi
  • Accuracy : Informasi harus bebas dari kesalahan.
  • Completenes : Semua informasi yang disediakan harus tersedia.
  • Relevance : Informasi harus berhubungan dengan informasi yang diperlukan oleh penerima informasi spesifik. Informasi ini bersifat berguna.
  • Conciceness : Hanya informasi yang diperlukan tersedia.
  • Scope : Informasi dapat memiliki ruang lingkup luas maupun sempit. Informasi ini bersifat tepat sasaran.
  • Performance :  Informasi harus menyajikan kinerja untuk mengukur aktivitas yang diselesaikan, kemajuan yang dicapai dan akumulasi sumber daya.


C. Dimensi Bentuk

  • Clarity : Informasi dapat disediakan dalam suatu bentuk yang dapat dengan mudah dimengerti.
  • Detail : Informasi dapat disediakan dalam detail maupun iktisar.
  • Order : Informasi dapat disediakan dalam urutan yang ditentukan terlebih dahulu.
  • Presentation : Informasi dapat dipresentasikan bisa bentuk narasi, numerik, grafik, dan bentuk lainnya.
  • Media : Informasi dapat disediakan dalam bentuk printed form seperti kertas, layar, dll.

Storage Of Data Resources

Merupakan aktivitas SI dimana data dan informasi disimpan secara terorganisir untuk penggunaan dimasa depan/dimasa yang akan datang. Storage of data resources memiliki alur-proses-entitas serta storage dibawah proses.

Control of System Performance

SI hanya menghasilkan feedback mengenai aktivitas input, proses, output, dan penyimpanan. Feedback dan control termasuk control of system performance. Oleh karena itu harus selalu di kontrol atau di monitoring bekerja sesuai dengan standar kinerja yang telah ditetapkan dan dilakukan penyesuaian terhadap aktivitas sistemnya sehingga produk informasi telah dihasilkan untuk end user.

You May Also Like

0 comments